MEDIA PUBLIC RELATION
William F. Arens
(1999:310) mendefinisikan Public Relations sebagai sebuah fungsi manajemen yang
memfokuskan diri padamembangun/mengembangkan relasi serta komunikasi yang
dilakukanindividual maupun organisasi terhadap publik guna menciptakan hubungan
yang saling menguntungkan.
Publik yang dimaksud
dari definisi di atas menurut Arens ada tujuh kategori publik, yaitu para
Employees-Stockholders-Communities Media-Government-Investment
Community-Customers.
Dari pengertian tersebut
tampak bahwa aktifitas Public Relations berada pada kata manajemen relasi dan
komunikasi yang berujung pada terciptanya hubungan baik dengan berbagai pihak
demi meningkatkan pencitraan individu atau perusahaan tersebut.
Pencitraan yang
terbentuk dengan baik akan memberikan dampak yang baik pula demi tercapainya
tujuan-tujuanyang ditetapkan individu ataupun organisasi. Akan meraih
keuntungan dariproduk yang dijual karena memilliki citra yang baik.
Meningkatkan kepercayaan publik terhadap individu atau organisasi dalam
menjalankan bisnis.
Oleh karena itu, tidak
dapat dipungkiri bahwa fungsi dan peranan PubicRelations dianggap sebagai ujung
tombak individu atau perusahaan yang berhadapan langsung dengan publik, baik
publik yang bersentuhan langsung maupun yang tidak dengan
kepentingan-kepentingan mereka terhadap perusahaan.
Terhadap publik yang
tidak bersentuhan langsung pun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti
sebuah informasi akan sampai dibenak mereka. Perkembangan teknologi yang
semakin canggih dan dampaknya pada perkembangan media massa memberikan peluang
aksesinformasi masyarakat luas.
Public Relations Society
of America (PRSA), sebuah Organisasi PublicRelations yang terbentuk pada tahun
1947 di Amerika, pada tahun 2002 merumuskan aktifitas-aktifitas Public
Relations.
1. Community Relations. Hubungan publik yang
memfokuskan diri pada komunitas yang berkaitan dengan keberlangsungan
perusahaan. Misalnya, para pemilik
lahan/tahan haruslah mendapat perhatian dan kepuasaan dari perjanjian pembelian
tanah oleh perusahaan yang membutuhkan tanah mereka untuk proyek
pembangunan lapangan terbang baru. Jika tidak, maka
komunitas yang tidak terpuaskan inibisa menghambat proyek yang sedang
dilaksanakan.
2. Counseling. Para
professional Public Relations hendaklah secara rutin
memberikan masukan/pertimbangan kepada pihak manajemen sebelum mereka mengambil
keputusan, membuat kebijakan, membangun relasi, atau melakukan komunikasi
dengan berbagai macam publik.
Jajaran manajemen
menyatakan kepada publik ‘apayang mereka lakukan’ sedangkan profesional atau
bagian PublicRelationsmembantu mendefinisikan dan mempresentasikan
pesan tersebut untuk sampai ke publik.
3. Development/Fundraising. Semua organisasi
baik yang profit maupunnon-profit dapat bertahan karena ada kontribusi dari
berbagai pihak dalam bentuk waktu maupun uang. PeranPublic Relations yang
menerjemahkan kebutuhan-kebutuhan organisasi tersebut kepadapihak-pihak yang
memiliki peluang dan atau kemampuan memberikan kontribusi.
4. Employee/Member Relations. Sebagai bagian
inti dari jalannya perusahaan, tugas Public Relations untuk
menciptakan hubungan-hubungan yang baik, tidak hanya sekadar pada para pekerja
melainkan juga kepada keluarga pekerja. Dengan demikian akanterbentuk motivasi
yang baik pula dan moral yang tinggi dari parapekerja sehingga loyal pada
perusahaan.
5. Financial Relations. Investor
merupakan salah satu bagian terpenting dari sumber pendanaan perusahaan.
Peran Public Relations adalah membangun jembatan komunikasi
antara investor-pemilik perusahaan, para pemegang saham, komunitas
finansial seperti bank,dan publik.
Kebanyakan dari strategi
perusahaan, dalam rangka ekspansi pasar maupun akuisisi perusahaan, tergantung
dariseberapa bagus hubungan-hubungan finansial yang tercipta.
6. Government Affairs. Inilah tipe
aktifitas Public Relationsyangmemfokuskan diri menjalin hubungan
dengan pihak pemerintahan. Karena sebagai perusahaan publik, tidak bisa
dilepas-pisahkan hubungannya dengan pemerintahan.
Bahkan untuk beberapa
kasus, perusahaan yang ingin mengikuti tender proyek harus memilikiendors resmi
dari pemerintah, misalnya SIUPP dan NPWP.
7. Industry Relations. Perusahaan tidak
hanya menjalin relasi yang terbatas pada konsumen/pelanggan semata, melainkan
juga harus menciptakan relasi yang baik dengan perusahaan lain yang
secaralangsung berkaitan dengan bisnis perusahaan seperti para
suppliers,distributor, agen bahkan relasi terhadap perusahaan competitor
sekaligus.
8. Issues Management. Manajemen isu
melibatkan publik dalam jumlah besar demi terciptanya imej produk maupun citra
dari perusahaan. Akrifitas Public Relations untuk
mengembangkan manajemen isu ini sebagai bagian dari kekuatan perusahaan. Sebuah perusahaan
pertambangan, sebagai misal, harus mengelola manajemen isu yangbaik terhadap
publik bahwa usaha yang dilakukan tidak berdampakpada kerusakan alam.
9. Media Relations. Perkembangan teknologi
dan pengaruhnya terhadapbentuk-bentuk media massa memberikan pengaruh yang
berarti bagi perusahaan. Liputan yang baik di media akan memberikan pencitraan
yang baik pula bagi perusahaan, meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam
memakai produk perusahaan, dan akhirnya menumbuhkan minat pemodal untuk
menginvestasikan modalnya pada perusahaan.Aktifitas Public
Relations inilah yang menjalin relasidengan media dan mendapatkan
kepercayaan dari liputan media.
1 Marketing Communication. Kombinasi dari aktifitas menjual
produk,servis, maupun ide. Iklan-iklan yang dilakukan melalui berbagai media memberikan
efek yang menguntungkan pada aktifitas PublicRelations. Bentuk
kemasan produk yang unik dan bagaimana memajang produk di pasar merupakan
terpaan dari pembentukan imej dari perusahaan yang membedakan dari
perusahaan lainnya.
11. Minority Relations/Multicultural Affairs. Aktifitas Public
Relations yang memfokuskan diri pada terbentuknya relasi pada kelompok
minoritas yang secara langsung maupun tidak akan memberikan dampak
publisitas perusahaan.
12. Public Affairs. Interaksi Public Relations yang
melibatkan para ofisial dan pemimpin dari berbagai bentuk organisasi
atau para pemegang kekuasaan. Relasi dengan komunitas maupun pemerintahan
merupakan fokus dari aktifitas Public Relations.
13. Special Events and Public Participant.Aktifitas langsung yang
melibatkan publik dan dilakukan oleh Public Relations untuk
menjalininteraksi antara organisasi/perusahaan dengan publik.
Dari rumusan tersebut
jelas bahwa posisi Media Relations menempati bagian terpenting
dari aktifitas Public Relations. Bahwa Media
Relations merupakan corong atau penyuara perusahaan untuk menjangkau
public melalui media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar