RUANG LINGKUP PUBLIC
RELATION
Berbicara mengenai ruang lingkup
public relation sebenarnya siapa saja yang terlibat dalam hal ini.? Hal ini
yang terkadang terlintas dalam fikiran kita. Dalam artikel kesempatan ini saya
akan menulis mengenai siapa saja yang terlibat di public relation.
Dalam buku yang di tulis oleh Ruslan
(2010:22-23) menjabarkan adapun Ruang lingkup tugas Public Relations dalam
sebuah ornganisasi/lembaga antara lain meliputi aktivitas sebagai berikut
:
1. Membina
hubungan ke dalam (publik internal)
Yang dimaksud dengan
publik internal adalah publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan
atau organisasi itu sendiri. Seorang PR harus mampu mengidentifikasi atau mengenali
hal-hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat, sebelum
kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.
2. Membina
hubungan ke luar (publik eksternal)
Yang dimaksud publik eksternal adalah publik umum
(masyarakat). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif
terhadap lembaga yang diwakilnya.
Dilihat megenai siapa yang pas dalam ruang lingkup
public relation kalau kita melihat ke belakang atau tempo dulu dekenal dengan
sebutan istilah “HUMAS” Hubungan
Masyarakat. Dan ini biasanya menyangkut
bagian dalam dan luar.
Menurut
Frank Jefkins dalam bukunya Public Relations menjelaskan
definisi Public Relation sebagai berikut. “Humas adalah sesuatu yang merangkum
keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara
suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan
spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.”
Dalam ruang lingkup public relation pada
esinsinya sesunggunya adalah Menjalin hubungan baik kepada
orang lain, institusi/perusahaan, media dengan cara melakukan suatu komunikasi
yang efektif dan efisien kepada komunikan dan dapat membangun dan membentuk
suatu citra yang positif baik untuk perusahaan maupun dirinya sendiri.
Pada dasarnya ada interaksi antara dua
sisi yang saling terjadi komunikasi sehingga disinilah terjadi yang namanya
ruang lingkup Public Relation, hal ini
bisa terjadi dari luar dan dalam. Baik diantaranya perusahaa,
organisasi, dan lembaga dan pelakunya ia manusia itu sendirinya sebagai yang
menjalankan public relation. Kredibilitas
merupakan salah satu faktor penting dalam komunikasi. Apabila seorang penyuluh
dinilai tinggi kredibilitasnya oleh masyarakat maka penyuluh tersebut akan
mudah diterima masyarakat.
Bagi penulis ruang lingkup dari public
relation adalah antara pihak dalam dan luar, dan keduanya saling menjalin
hubungan baik yang di luar dan didalam sehingga ini bisa dikatakan ruang
lingkup public relations. Baik internal dan eksternal. Mungkin ini sekilas
tentang ruang lingkup public relation yang penulis sajikan semoga bermanfaat
dengan tulisan singkat ini.
OLEH : MUKHLIS AMIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar