Rabu, 07 Februari 2018

TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION

TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATION

A.Tujuan Public Relation
Di dalammenguraikantujuandari public relations ini, terlebihdahuluharuslahdibagipengertian PR tersebutberdasarkankegiatannya.Diketahuisecarateoritis, adapunpembagiankegiatan PR tersebutdapatdibagimenjadiduayaitu:
1.      Tujuanberdasarkankegiatan internal public relatiaon
2.      Tujuanberdasarkankegiataneksternal public relation

Tujuan PR berdasarkankegiatan internal relation dalamhalinimencakupkedalambeberapahal:
Mengadakansuatupenilaianterhadapsikaptingkahlakudanopini public terhadapperusahaan,terutamasekaliterutamasekaliditujukankepadakebijaksanaanperusahaan yang sedangdijalankan.
1.      Mengadakansuatuananlisadanperbaikanterhadapkebijaksanaan yang sedangdijalankan, gunamencapaitujuan yang ditetapkanolehperusahaandengantidakmelupakankepentingan public.
2.      Memberikanpenerangankepada public karyawnamengenaisuatukebiksanaanperusahaan yang bersifatkolektifsertamenyangkutpadaberbagaiaktifitasrutinperusaan
3.      Merencanakanbagipenyusunansuatu staff yang efektifbagipenugasan yang bersifat internal public relations dalamperusahaantersebut.
Kemudianterhadaptujuandari PR yang bersifateksternalyaitu:
1.      Memperluaslangganandanpemasaran
2.      Memperkenalkansuatujenisproduksiataugagasan yang bergunabagi public dalamartiluas
3.      Mencaridanmengembamgkanmodal
4.      Memperbaikicitraperusahaanterhadappendapatmasyarakatluas, gunamendapatkanopini public yang positif
MenurutRosadyRuslan (2001, p.246) tujuan public relation adalahsebagaiberikut:
a. Menumbuhkembangkancitraperusahaan yang positifuntukpublikeksternalataumasyarakatdankonsumen.
b. Mendorongtercapainyasalingpengertianantarapubliksasarandenganperusahaan.
c. Mengembangkansinergifungsipemasarandengan public relation.
d. Efektifdalammembangunpengenalanmerekdanpengetahuanmerek.
e. Mendukungbauranpemasaran.

Secarakeseluruhantujuandari public relation adalahuntukmenciptakancitrabaikperusahaansehinggadapatmenghasilkankesetiaanpublikterhadapproduk yang ditawarkanolehperusahaan (Mulyana, 2007).Selainitu public relation bertujuanuntukmenciptakan, membinadanmemeliharasikapbudi yang menyenangkanbagilembagaatauorganisasi di satupihakdandenganpublik di lain pihakdengankomunikasi yang harmonisdantimbalbalik (Maria, 2002).

Ada jugabeberapapendapatparaahlitentangtujuan PR antara lain:
1.      Charles S.Stainberg
Menciptakanopinipublik yang favorable tentangkegiatan-kegiatan yang dilakukanolehbadan yang bersangkutan
1.      Frank Jefkins
Meningkatkan favorable image/citra yang baikdanmengurangiataumengikishabissamasekali unfavorable image/citra yang burukterhadaporganisasitersebut.
1.      Dimock Marshall Cs
·         Secarapositif
Berusahauntukmendapatkandanmenambahpenilaiandan goodwill suatuorganisasiataubadan.
·         SecaraDefensif
Berusahauntukmembeladiriterhadappendapatmasyarakat yang bernadanegatif, bilamandiserang, danseranganitukurangwajar, padahalorganisasiataubadankitatidaksalah.(Hal inibisaterjadiakibatkesalahpahaman).Dengandemikiantindakaniniadalahsalahsatuaspekpenjagaan/pertahanan.

Dengandemikianadaempathal yang prinsipdaritujuanpublik relations yakni:
·         Menciptakancitra yang baik.
·         Memeliharacitra yang baik.
·         Meningkatkancitra yang baik.
·         Memperbaikicitrajikaorganisasikitamenurun/rusak
B. Fungsi Public Relation
Fungsi Public Relation menurutOnongUchjanaEffendydalambukunya “HubunganMasyarakat” mengemukakanempatfungsi Public Relation, yaitu:
1.      Menunjangkegiatanmanajemendalammencapaitujuanorganisasi;
2.      membinahubunganharmonisantaraorganisasidenganpublik, baikpublikekternmaupun intern;
3.      Menciptakankomunikasiduaarahtimbalbalikdenganmenyebarkaninformasidariorganisasikepadapublikdanmenyalurkanopinipublikkepadaorganisasi;
4.      Serta melayanipublikdanmenasihatipimpinanorganisasi demi kepentinganumum. MenurutNeniYulianita (2007: 50),
Padadasarnyafungsi PR secara universal sehinggamudahuntukdipahamidandilaksanakanolehseorang Public Relations Officer (PRO) yaituhanyamenyangkut 2 fungsi PR yang prinsipnyaadalah:
1.      Menyampaikankebijaksanaanmanajemenpadapublic,dan
2.      Menyampaikanopinipublikpadamanajemen.

RosadyRuslan (2008: 10) merincikanbeberapafungsiutamaPublic Relationdiantaranya:
1.      Public Relationbertindaksebagai communicator dalamkegiatankomunikasipadaorganisasiperusahaan, prosesnyaberlangsungdalamduaarahtimbalbalik (two way traffic reciprocal communication).
2.      Membangunataumembinahubungan (relationship) yang positifdanbaikdenganpihakpubliksebagai target sasaran, yaitupublik internal daneksternal.
3.      Peranan back up management dansebelumnyadijelaskanbahwafungsiPublic Relationmelekatpadafungsimanajemen, berartiiatidakdapatdipisahkandarimanajemen.
4.      Menciptakancitraperusahaanataulembaga (corporate image) yang merupakantujuan (goals) akhirdarisuatuaktivitas program kerjaPublic Relation campaign (kampanye PR), baikuntukkeperluanpublikasimaupunpromosi. PerananPublic Relationmencakupbidang yang luasmenyangkuthubungandenganberbagaipihakdantidakhanyasekedarberbentuk relations artisempit, karena personal relations mempunyaiperanan yang cukupbesardalammelakukankampanyePublic Relation. Bagaimanameningkatkankesadaran, pengertian, danpemahamantentangaktivitasperusahaanataulembaga, termasukmembentuksikap yang menyenangkan (favoritiable), iktikadbaik (goodwill), toleransi (tolerance), salingpengertian (mutual understand), salingmempercayai (mutual confidence), salingmenghargai (mutual apperctiation), danpadaakhirnyaakanmenciptakancitrabaik (good image).


DenganbegitudapatdisimpulkanbahwatujuanPublic Relationdapatdicapaijikafungsi public relations diterapkansebagaimanamestinya.JikafungsiPublic Relationditerapkandenganbaik, makaakanberdampakpositifjugaterhadapperusahaan, salahsatunyamembentukcitra yang baik di matapubliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar