A.Tujuan
Public Relation
Di
dalammenguraikantujuandari public relations ini,
terlebihdahuluharuslahdibagipengertian PR
tersebutberdasarkankegiatannya.Diketahuisecarateoritis, adapunpembagiankegiatan
PR tersebutdapatdibagimenjadiduayaitu:
1.
Tujuanberdasarkankegiatan
internal public relatiaon
2.
Tujuanberdasarkankegiataneksternal
public relation
Tujuan
PR berdasarkankegiatan internal relation dalamhalinimencakupkedalambeberapahal:
Mengadakansuatupenilaianterhadapsikaptingkahlakudanopini
public
terhadapperusahaan,terutamasekaliterutamasekaliditujukankepadakebijaksanaanperusahaan
yang sedangdijalankan.
1.
Mengadakansuatuananlisadanperbaikanterhadapkebijaksanaan
yang sedangdijalankan, gunamencapaitujuan yang ditetapkanolehperusahaandengantidakmelupakankepentingan
public.
2.
Memberikanpenerangankepada public
karyawnamengenaisuatukebiksanaanperusahaan yang
bersifatkolektifsertamenyangkutpadaberbagaiaktifitasrutinperusaan
3.
Merencanakanbagipenyusunansuatu
staff yang efektifbagipenugasan yang bersifat internal public relations
dalamperusahaantersebut.
Kemudianterhadaptujuandari
PR yang bersifateksternalyaitu:
1.
Memperluaslangganandanpemasaran
2.
Memperkenalkansuatujenisproduksiataugagasan
yang bergunabagi public dalamartiluas
3.
Mencaridanmengembamgkanmodal
4.
Memperbaikicitraperusahaanterhadappendapatmasyarakatluas,
gunamendapatkanopini public yang positif
MenurutRosadyRuslan
(2001, p.246) tujuan public relation adalahsebagaiberikut:
a.
Menumbuhkembangkancitraperusahaan yang positifuntukpublikeksternalataumasyarakatdankonsumen.
b.
Mendorongtercapainyasalingpengertianantarapubliksasarandenganperusahaan.
c.
Mengembangkansinergifungsipemasarandengan public relation.
d.
Efektifdalammembangunpengenalanmerekdanpengetahuanmerek.
e.
Mendukungbauranpemasaran.
Secarakeseluruhantujuandari
public relation
adalahuntukmenciptakancitrabaikperusahaansehinggadapatmenghasilkankesetiaanpublikterhadapproduk
yang ditawarkanolehperusahaan (Mulyana, 2007).Selainitu public relation
bertujuanuntukmenciptakan, membinadanmemeliharasikapbudi yang
menyenangkanbagilembagaatauorganisasi di satupihakdandenganpublik di lain
pihakdengankomunikasi yang harmonisdantimbalbalik (Maria, 2002).
Ada
jugabeberapapendapatparaahlitentangtujuan PR antara lain:
1.
Charles S.Stainberg
Menciptakanopinipublik
yang favorable tentangkegiatan-kegiatan yang dilakukanolehbadan yang
bersangkutan
1.
Frank Jefkins
Meningkatkan
favorable image/citra yang baikdanmengurangiataumengikishabissamasekali
unfavorable image/citra yang burukterhadaporganisasitersebut.
1.
Dimock Marshall Cs
·
Secarapositif
Berusahauntukmendapatkandanmenambahpenilaiandan
goodwill suatuorganisasiataubadan.
·
SecaraDefensif
Berusahauntukmembeladiriterhadappendapatmasyarakat
yang bernadanegatif, bilamandiserang, danseranganitukurangwajar, padahalorganisasiataubadankitatidaksalah.(Hal
inibisaterjadiakibatkesalahpahaman).Dengandemikiantindakaniniadalahsalahsatuaspekpenjagaan/pertahanan.
Dengandemikianadaempathal
yang prinsipdaritujuanpublik relations yakni:
·
Menciptakancitra yang baik.
·
Memeliharacitra yang baik.
·
Meningkatkancitra yang baik.
·
Memperbaikicitrajikaorganisasikitamenurun/rusak
B.
Fungsi Public Relation
Fungsi
Public Relation menurutOnongUchjanaEffendydalambukunya “HubunganMasyarakat”
mengemukakanempatfungsi Public Relation, yaitu:
1.
Menunjangkegiatanmanajemendalammencapaitujuanorganisasi;
2.
membinahubunganharmonisantaraorganisasidenganpublik,
baikpublikekternmaupun intern;
3.
Menciptakankomunikasiduaarahtimbalbalikdenganmenyebarkaninformasidariorganisasikepadapublikdanmenyalurkanopinipublikkepadaorganisasi;
4.
Serta
melayanipublikdanmenasihatipimpinanorganisasi demi kepentinganumum.
MenurutNeniYulianita (2007: 50),
Padadasarnyafungsi PR secara
universal sehinggamudahuntukdipahamidandilaksanakanolehseorang Public Relations
Officer (PRO) yaituhanyamenyangkut 2 fungsi PR yang prinsipnyaadalah:
1.
Menyampaikankebijaksanaanmanajemenpadapublic,dan
2.
Menyampaikanopinipublikpadamanajemen.
RosadyRuslan
(2008: 10) merincikanbeberapafungsiutamaPublic Relationdiantaranya:
1.
Public Relationbertindaksebagai
communicator dalamkegiatankomunikasipadaorganisasiperusahaan,
prosesnyaberlangsungdalamduaarahtimbalbalik (two way traffic reciprocal
communication).
2.
Membangunataumembinahubungan
(relationship) yang positifdanbaikdenganpihakpubliksebagai target sasaran,
yaitupublik internal daneksternal.
3.
Peranan back up management
dansebelumnyadijelaskanbahwafungsiPublic Relationmelekatpadafungsimanajemen,
berartiiatidakdapatdipisahkandarimanajemen.
4.
Menciptakancitraperusahaanataulembaga
(corporate image) yang merupakantujuan (goals) akhirdarisuatuaktivitas program
kerjaPublic Relation campaign (kampanye PR),
baikuntukkeperluanpublikasimaupunpromosi. PerananPublic Relationmencakupbidang
yang luasmenyangkuthubungandenganberbagaipihakdantidakhanyasekedarberbentuk
relations artisempit, karena personal relations mempunyaiperanan yang
cukupbesardalammelakukankampanyePublic Relation.
Bagaimanameningkatkankesadaran, pengertian,
danpemahamantentangaktivitasperusahaanataulembaga, termasukmembentuksikap yang
menyenangkan (favoritiable), iktikadbaik (goodwill), toleransi (tolerance),
salingpengertian (mutual understand), salingmempercayai (mutual confidence),
salingmenghargai (mutual apperctiation),
danpadaakhirnyaakanmenciptakancitrabaik (good image).
DenganbegitudapatdisimpulkanbahwatujuanPublic
Relationdapatdicapaijikafungsi public relations
diterapkansebagaimanamestinya.JikafungsiPublic Relationditerapkandenganbaik,
makaakanberdampakpositifjugaterhadapperusahaan, salahsatunyamembentukcitra yang
baik di matapubliknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar